11.08.2012

Fakta Unik Tentang Kolesterol


Pembahasan mengenai kolesterol sudah sangat banyak tersebar di media seperti majalah, televisi, seminar, dan juga internet. Nah apakah anda merasa sudah sangat mengenal sesuatu yang disebut sebagai kolesterol ini? Jika iya maka tunggu dulu, karena mungkin beberapa fakta unik tentang kolesterol dibawah ini justru belum pernah anda ketahui sebelumnya. Berikut adalah penjelasannya :
1. Tubuh kita membuat kolesterol sendiri

Yang dimaksud disini adalah bahwa tubuh kita ternyata mampu untuk memproduksi beberapa macam kolesterol sendiri selain dari zat-zat yang telah kita makan.

2.. Kolesterol berasal dari makanan hewani

Jika anda menganggap bahwa Kolesterol bisa saja lahir dari semua jenis makanan baik hewani ataupun nabati, maka anda salah. Ya, setelah diteliti lebih lanjut ternyata Kolesterol ini hanya berasal dari makanan yang berasal dari produk hewani. Bagaimana dengan Nabati (tumbuhan)? Makanan dari nabati rata-rata pasti tidak mengandung kolesterol, kecuali hanya sejenis asam lemak yang tidak jenuh. Fakta Unik tentang Kolesterol yang satu ini patut untuk anda ingat.
3. Kolesterol tidak jalan sendiri dalam darah

Mungkin anda pernah bertanya bagaimanakah kolesterol yang ada di dalam darah beredar? Sebuah penelitian telah membuktikan jika ternyata kolesterol tidak bisa berjalan sendiri di dalam darah, melainkan harus dengan menggunakan perantara bernama protein khusus. Nah kombinasi dari protein dan pembawa kolesterol disebut sebagai Lipoprotein
4. Tidak selamanya kolesterol itu buruk dan berbahaya

Banyak orang menganggap sesuatu yang berhubungan dengan kolesterol adalah hal yang buruk dan harus dijauhi, namun tahukah anda bahwa tidak semua kolesterol itu buruk dan berbahaya? Ya, ada kolesterol yang justru sangat baik untuk tubuh dan tidak boleh dibuang. Kolesterol sendiri dibagi menjadi 3 yaitu :
  • LDL (Low Density Lipoproteins) merupakan kolesterol buruk
  • HDL (High Density Lipoproteins) merupakan kolesterol baik
  • Trigliserida
LDL disebut sebagai kolesterol yang buruk karena mereka mengalirkan kolesterol dari hati ke sel padahal itu sangat tidak dibutuhkan disana. Sedangkan HDL disebut sebagai kolesterol baik karena mereka berfungsi untuk membuang atau mengeluarkan kolesterol yang berlebih kolesterol dari darah dan kemudian membawanya ke hati.
5. Kolesterol dari tubuh kita sendiri ternyata sehat

Sebenarnya tubuh kita ini mampu untuk menghasilkan kolesterol sendiri untuk tetap sehat. Nah penyakit kolesterol yang bermunculan ini tidak lain karena ada asupan tambahan berupa makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi sehingga meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
6. Wanita punya kolesterol baik lebih tinggi dari pada pria

Beberapa penelitian sempat menemukan Fakta Unik tentang Kolesterol yang cukup mengejutkan dimana ternyata kolesterol baik (HDL) lebih banyak dimiliki oleh seorang wanita dibandingkan pria. Penelitian ini masih terus dilanjutkan untuk mengetahui apakah ini valid ataukah bisa berubah suatu saat nanti sesuai dengan kondisi.

Sumber : http://artikelkesehatanwanita.com

Total Pageviews

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Followers