4.20.2016

NYETIR (pemula part 1)

Image result for cewek nyetir animasi

Ehmmmmmm, bagi cewek bisa nyetir mobil itu keren. Cowok kalo bisa nyetir itu naik kegantengannya, walaupun bukan mobil dia, itu bukan masalah. 
Bulan Febuari lalu gue les nyetri mobil, tapi gue gak buta tentang cara nyetir mobil. Sebelum daftar les, gue udah sering diajarin bokap nyetir, tapi dijalanan sepi dan subuh. Jadi pas mulai les, gue termasuk yang lumayan, gak buta-buta amat. Bokap akhirnya nyuruh gue les mobil gegara dia takut ngajak gue kejalanan rame.
Nih ya, menurut gue mending belajar dulu sama temen, pacar apa orang tua sebelum les mobil, karena banyak yang harusnya gak dilakuin saat kita nyetir mobil, nih bagi cewek yak ada ide-ide:
Pertama, Gak usah gas, cukup kopling.
Gue selalu kesusahan buat pertama kali jalan. Kalo di les mobil lu akan diajarin buat ngelepas kopling pelan-pelan, maka mobil bakal jalan. Berhasil, gue gak pernah lagi mati mesin pas mau jalan. Tapi muncul masalah baru. Trick itu cuman berhasil di jalanan datar, jalanan tanjakkan, jangan harap. Gue pernah lagi lampu merah dijalanan sedikit tanjak dan gak berhasil majui mobil, gue terlalu buru-buru karna mobil dibelakang udah pada klaksonin dan alhasil gue panik. Untung gak ada polisi, kalo ada gue pasti ditilang. Jadi trick ini gak bisa dipake dijalanan tanjakkan ataupun dilampu merah. oh yaaa jangan jadi kebiasaan ya, awalnya ini selalu kebiasaan gue jadi gue sering mati mesin dijalanan. Jangan dipake tricknya.
Kedua, berteman dengan kopling.
Macet, ditanjakkan, BYE!!! Ini merupakan keadaan terhoror bagi pemula. Malah gue pernah ngeliat ibu-ibu akhirnya keluar dari mobil dan minta tolong orang buat bawa mobilnya. Jadi si ibu ini kayaknya takut, dia berhasil angkat rem tangan tapi gak berani turuninnya buat jalan lagi, mungkin takut mundur, gue respect sama dia, soalnya lebih baik ngaku gak bisa danminta tolong orang dari pada songong malah bikin kecelakaan. Kalo yang mahir pasti lebih seneng pake keseimbangan gas dan kopling atau pake rem tangan dibanding nahan sama rem kaki, tapi bagi pemula mereka lebih milih nahan pake rem kaki. Nih tricknya, saat mobil berhenti ditanjakkan dan rem dengan kaki, nah pas mau jalan, angkat kopling pelan-pelan (selow aja) dan kaki kanan tetep masih ngerem. Angkat kopling sampe mobil bergetar (dreeeeettttt), kalo udah ada getaran ini udah saatnya kaki kanan mulai injek gas perlahan. Dijamin mobil gak bakal mundur kebelakang. Cobain !!!
Ketiga, Tahan Malu dan tutup kuping dari klakson.
Kalo kalian belajar di tanjakkan tapi jalannya sepi pasti kalian bagus-bagus aja. Gue juga gitu dulu, kalo belajar ditanjakkan, walaupun kita belajar ngerem jalan ngerem jalan kayak waktu di tempat macet pasti hasilnya bagus, soalnya sepi. Bakal beda kalo di tempat macet beneran, apalagi sampingnya bus kota, motor dan berbagai macam hal lagi yang bikin panik kayak klakson, temen yang ribet ngatur dll. Kalian mau gak mau harus belajar dijalanan macet parah dan ada tanjakkan sama turunannya, penyempitan jalur (dari 2-3 jalur jadi 1 jalur). Ini bakal ngelatih penyesuaian dan inting kalian tentang kopling dan gas. Pasti bakal sering mati mesin, but its okay sis. Cuekin aja orang yang ngelakson mulu, toh mereka juga pernah ngalamin jadi pemula.
okayyy ntar dilajutin dipostingan lainnya

Total Pageviews

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Followers