4.18.2016

Nikmatin macet

Image result for macet


Beberapa hari lalu gue membaca sebuah berita disalah satu surat kabar online yang memberitahikan suatu fenomena bernama..... lupa.... dijepang, fenomena ini merupakan suatu keadaan dimana anak-anak muda jepang enggan memiliki mobil pribadi. Memiliki mobil pribadi bukan sesuatu hal yang menunjukkan pendapatan seseorang seperti di Indonesia. Memiliki mobil malah dianggap sesuatu yang sia-sia.

Di media tersebut ada kutipan sebuah wawancara dengan pemuda jepang "untuk apa memiliki mobil, bukankah transportasi umum sudah sangat baik dan nyaman".
Nah, sayangnya nada-nada negatif dari nitizen cepat sekali muncul, ada yg mengatakan "semoga pemuda indo berfikir hal yg sama" atau "kenapa indo tidak bisa meningkatkan transportasi umum"
Jujur, gue juga pengguna mobil pribadi, eit bukan punya gue tapi punya bokap. Ini alasan logis kenapa gue pengguna kendaraan pribadi tanpa menyalahkan pemerintah tentang macet.
Pertama gue menghindari panasnya terik matahari yang sekarang sedang 'gila-gilanya'. Jalanan sekarang macet parah. Dari rumah gue ke mall terdekat, dulu sebelum adanya macet bisa ditempuh 15-20menit, sekarang jadi 1jam, malah pernah 2 jam kalo lagi jam macet. Buat ke mall terdekat gue harus ngelewatin  4 jalan yang selalu macet panjang buat kesana dan sayangnya gak ada jalan tikus buat kesana. Karena macet yang kelewatan gue enggan pake kendaraan umum. Kendaraan umum yang masih terus berbenah bagi gue belum nyaman apalagi dengan rute yang gak efesien bagi gue, akibatnya gue harus merelakan kaki gue gede sebelah gegara nginjek kopling mulu maklum manual.
Kedua gue bisa kemana aja bawa apa aja kalo bawa kendaraan sendiri. Terkadang disaat keacara2 formal yang mengharuskan memakai sepatu hak tinggi gue bisa bawa sendal dimobil atau baju ganti yang lebih nyaman buat dipake setelah acara. Mobilitas gue juga lebih gampang kalo kemana-mana tanpa mikir nanti gue berenti dimana dan naek angkot yang mana.

Sebagai yang ikut serta membuat jalanan macet, gue gak terlalu banyak bacot soal macet, gue sangat sadar ikut berkontribusi dengan pake kendaraan pribadi. Paling kalo jengkel gue cuman denger musik atau ngeliatin mobil-mobil yang lewat kali aja ada yang keren kayak jeep haaaa.
Kota kelahiran gue sedang berbenah, macet ini juga disebabkan oleh pengecilan jalan yang biasanya 2-3jalur kini hanya 1 jalur. Sedang aja proyek LRT. Proyek ini memang rutenya tidak banyak hanya beberapa pemberhentian, tapi gue yakin kalo ini sukses dan makin banyak rutenya, masyarakat akan lebih mimilih menggunakan LRT dibanding kendaraan pribadi. Jadi, sabarlah, macet ini akan sangat terbayarkan kelak, ya kelak entah kapan. But its okay
Sebenernya kendaraan umum banyak kelebihan jika sudah nyaman dan baik. Kita bisa tidur dijalan tanpa harus capek-capek nyetir, tp itu kalo LRTnya bagus, kalo angkot mana bisa udah panas kita juga takut kalo tidur, takut dicopet. Kita juga bisa bareng temen, ngobrol disepanjang jalan ke kantor atau kesekolah juga lebih seru.
Gue bakal diem tentang macet yang sekarang ini sebagai dukungan buat pemerintah yang selalu berusaha dan terus berusaha. Bukankah untuk menjadi komentator harus menjadi seorang ahli terlebih dahulu?? Karna itu juga bukan ahlinya lebih baik diam dan nikmati prosesnya.

Total Pageviews

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Followers