4.28.2012

LATVIA




Hari ini iseng-iseng gue cek viewers gue, dan ternyata ada beberap dari negara Latvia. karen baru pernah denger nih nama negara, gue reflek langsung pengen tau, nih infonya

 


Republik Latvia (bahasa Latvia: Latvijas Republika) adalah sebuah negara di Eropa Utara yang beribukota di Riga. Latvia memiliki batas darat dengan dua negara Baltik, Estonia di utara dan Lituania di selatan, serta dengan Rusia dan Belarus di timur. Latvia juga memiliki batas maritim dengan Swedia. Negara ini bergabung dengan Uni Eropa pada 1 Mei 2004 dan dengan NATO pada 29 Maret 2004.
Latvia banyak yang tertutup hutan dan memiliki lebih dari 12.000 sungai kecil serta 3000 danau. Kebanyakan merupakan dataran rendah yang subur dengan perbukitan di timur. Titik tertingginya adalah Gaiziņkalns yang mencapai 311,6 m. Iklim di Latvia adalah iklim maritim dan sedang. Biasanya,musim panas sejuk dan basah sedangkan musim dinginnya sedang.
Di bagian barat laut, ada bagian Laut Baltik yang menjorok ke darat, disebut Teluk Riga. Di sepanjang pesisirnya terdapat beberapa kota seperti Riga,Daugavpils, dan Liepāja.

Dari sisi bahasa, bahasa Latvian dari segi kosa kata maupun grammar juga banyak dipengaruhi dua negara besar itu. Bedanya, pengaruh Rusia tampak jelas dalam bahasa yang berkaitan dengan agama, sementara pengaruh Jerman tampak dalam bahasa keseharian warga Latvia. Kalangan terpelajar di Latvia bahkan lebih sering menggunakan bahasa Jerman dalam kesehariannya. Setelah abad ke 19, makin banyak kalangan terpelajar di Latvia yang fasih dua bahasa sekaligus: Rusia dan Jerman.

Negara seluas 65 ribu kilometer persegi ini juga dikenal estetik, lagi-lagi karena pengaruh Rusia dan Jerman, juga Soviet. Seni lukis dan juga arsitektur yang  indah bisa terlihat di banyak sisi Latvia, mulai dari bangunan-bangunan di negara itu, rumah ibadah bahkan juga seni berbusana warganya. Latvia punya banyak tempat indah, baik dari pemandangan kotanya maupun arsitektur bangunan dan juga seni lukisnya.

Sebagai negara agraris, negara ini terkenal dengan kentang dan gandum. Mereka juga penggemar babi dan susu sebagai makanan yang kerap disantap. Ikan asap juga sangat populer di Riga, ibukota Latvia. Mereka punya tradisi Klingeris, yaitu makan roti yang terbuat dari buah-buahan kering pada saat ulang tahun atau pemberian nama bayi. kalau hari Natal tiba, warga Latvia sering membuat Piragi bread, yaitu roti dengan isi daging babi asap dan bawang bombay, juga hidangan keju dari biji Caraway dan bir sebagai minuman wajib.

Meskipun secara ekonomi Latvia merupakan negara agraris dan perdagangan, warga Latvia rata-rata juga pecandu informasi, berita, juga musik. 85% warganya merupakan pendengar radio yang cukup maniak untuk musik dan informasi setidaknya seminggu sekali, sementara 67% lainnya mendengarkan radio setiap hari.Mereka juga penyuka program-program pendidikan, hiburan dan sosial di televisi setempat.

Bicara tentang industri yang dominan, di era sebelum 1900, Riga menjadi transit centre antara Rusia dan negara-negara Eropa, khususnya untuk baja, karet dan minyak. Riga juga menjadi pengekspor kayu utama di era itu.baru setelah periode tahun 1920 dan 1930-an ketika industri dalam negeri mulai disusun untuk peningkatan penghasilan negara, Latvia memilih sektor agraris untuk menghidupi negaranya.

Dari sisi sopan santun, orang-orang Latvia boleh diacungi jempol. Mereka sejak kecil dibiasakan bicara dengan suara rendah kepada siapapun dan menghindari kontak mata terutama di tempat-tempat umum karena dianggap tidak sopan. Kesabaran, kehangatan, selalu tersenyum dan jarang marah merupakan nilai yang dijunjung tinggi masyarakat disana. Keakraban dengan teman-teman dan keluarga diwujudkan dengan pelukan, genggaman tangan yang ditunjukkan sebagai ekspresi kasih sayang.  


Total Pageviews

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Followers